Irfan Sokonay Pasang Logo KPU di APK

TOBELO,HR—–Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Halmahera Utara Irfan Soekonay diduga melakukan curi star kampanye pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) berupa stiker model surat suara di Desa Gorua Kecamatan Tobelo Utara yang ditemukan oleh Panwascam. Pasalnya pemasangan APK tersebut melanggar PKPU Nomor 4 hasil perubahan PKPU Nomor 29 tentang mekanisme kampanye alat peraga.

“Perintah PKPU untuk model surat suara belum kami terima, sementara di pasang dengan menggunakan logo KPU dan belum memasukan desain APK ini berarti bertentangan dengan PKPU nomor 4,” terang Komisioner KPU Halut Mustahid Kolono, Rabu (10/10/2018).

Menurut Mustahid, untuk model surat suara pemilihan legislatif pilpres 2019 belum di keluarkan dalam bentuk PKPU. Selain itu, harusnya dalam perintah PKPU nomor 4 perubahan PKPU nomor 29 Tahun 2018, semua alat peraga Partai politik maupun calon perseorangan harus memasukan desain APK ke KPU untuk di verifikasi baru bisa dilakukan percetakan dan distribusi.

Jika hal ini telah dilakukan tanpa memasukan laporan desain APK di KPU, maka belum bisa untuk di cetak apalagi dipasang, dengan menggunakan logo KPU. ” ini lembaga KPU sebagai penyelenggara, tentunya nanti diverifikasi oleh KPU baru bisa dipasang, jelas bertentangan,”terangnya. 

Sementara itu, Ketua Bawaslu Halut, Rafli Kamaludin mengatakan pihaknya akan menanyakan ke KPU apakah ini bertentangan dengan PKPU atau tidak.

“Yang pastinya jika itu bertentangan maka terkena PKPU nomor 32 tentang sanksi pelanggaran administrasi,”katanya.

Selain itu, pihaknya akan memerintahkan ke Panwascam Tobelo Utara untuk turun lansung membuktikan informasi tersebut.

“Kami akan perintahkan ke Panwascam untuk turun ke lapangan, mengambil bukti bukti yang menjadi indikasi pelanggaran,”tandasnya. (mn)

 

Komentar Facebook
Baca Juga  Empat Anggota DPRD Halut Segera Dicopot

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.