Gagal Diselundupkan ke Gorontalo, Bibit Jagung Subsisidi Diamankan Distan Morotai  

MOROTAI,HR—–Sebanyak 5 ton bibit jagung bersubsidi yang berhasil digagalkan Koramil 1508-05/Daruba saat hendak diselundupkan ke Provinsi Gorontalo pada, Senin (09/10/2018) kemarin, kini sudah diamankan di Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Pulau Morotai.

“5 ton bibit jagung bersubsidi yang berhasil diamankan Koramil itu kini sudah berada di kantor Dinas Pertanian Morotai untuk diamankan dan rencananya, 5 ton bibit jagung yang telah diamankan itu akan dilelang,”kata Kepala Bidang (Kabid) Perkebunan Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Pulau Morotai, Tamhid Bilo, kepada Halmahera Raya.Info, Kamis (11/10/2018).

Dia mengaku, rencananya bibit jagung tersebut akan dilelang, tapi karena jagung ini lebelnya milik pemerintah, maka harus dilihat petunjuk teknisnya (juknis) dulu apakah bisa atau tidak, kalau langsung dilelang, karena hasilnya bisa masuk sebagai Pendapatan Asli Daerah (PAD), dan mungkin bisa untuk biaya operasional petani.

Terkait dengan rencana proses lelang, Lanjut Tamhid, juga sudah dikoordinasikan dengan pihak Polres Pulau Morotai, akan tetapi pihak Polres sendiri menyarankan agar harus koordinasikan terlebih dulu dengan pihak Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL), karena lelang merupakan tugas dari KPKNL.

“Karena harus dihitung kerugiannya dulu baru bisa dilelang. Dan itu tugas dari KPKNL, jadi kami harus koordinasikan terlebih dulu dengan mereka,”tuturnya.

Sekedar diketahui, 5 ton jagung bersubsidi tersebut diamankan pihak Koramil di Pelabuhan Feri Juanga Kecamatan Morotai Selatan (Morsel) saat mau dibawah ke Bitung dengan menggunakan Kapal Feri. Jagung-jagung tersebut, dibeli dari masyarakat petani, dengan harga Rp 30 ribu/Kantung oleh salah seorang pengusaha berinisial AB.

Untuk mengkelabui petugas, jagung tersebut diangkut menggunakan truk, dan ditutupi dengan karung kopra. Namum usaha para pelaku berhasil diketahui, dan akhirnya digagalkan oleh Koramil Daruba dan Dinas Pertanian Morotai. (lud)

Komentar Facebook
Baca Juga  Kampanye di Halut, Alien Ajak Warga Berdoa Untuk Kemenangan AHM-Rivai

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.