PT Karapoto dan Kesultanan Bacan Serahkan Body dan Katinting ke Nelayan

BACAN,HR—Sabtu (24/3/2018) akhir pekan kemarin mejadi hari yang sangat ditunggu-tunggu bagi dua puluh nelayan Bacan. Bagaimana tidak, pada hari tersebut mereka para nelayan asli Bacan ini menerima modal usaha dari PT Karapoto Teknologi Finansial berupa Body Viber serta body katinting untuk mendukung usaha mereka sebagai nelayan yang berlangsung di Desa Amasing Bacan.

Pendataan–Manajemen PT Karapoto saat mendata dan registrasi UMKM yang ikut sosialisasi Akhir pekan kemarin.

Rustam Tomaidi misalnya, bapak berumur 43 tahun yang kesehariannya berprofesi sebagai nelayan, selama ini hanya menghidupi satu isteri dan enam orang anak dengan melaut, namun statusnya sebatas pekerja di kapal nelayan atau jhonson milik orang lain, tentunya penghasilan bapak ini begitu terbatas, tak ayal persoalan ekonomi keluarga kecil ini sering menghantui Rustam Tomaidi.

Foto bersama nelayan yang mendapat bantuan modal usaha dengan PT Karapoto serta pihak kesultanan sabtu akhir pekan kemarin.

Saat didata oleh tim pendamping PT Karapoto sebagai nelayan binaan pada Januari lalu, Rustam bapak enam orang anak ini begitu terkejut dan tak disangka akan diberikan kesempatan melalui modal usaha dari PT Karapoto Teknologi Finansial harapan dan cita cita mulai menemui jalan terang.

“Tra sangka-sangka dong datang data survey dan kase masok saya deng tamang-tamang sebagai nelayan binaan, kase ajar penggunaan Handphone dan rekening bank, deng Tra bafikir klo nanti ada modal usaha tidak pake jaminan untuk beli katinting viber, mudah mudahan dengan kesempatan ini cita cita dan harapan bisa tercapai. Klo bilang sanang kami senang sekali, kami mohon agar PT Karapoto juga memberikan modal usaha kepada teman teman kami yang lain yang belum memiliki katinting sendiri, karena selain dapat body dan mesin katinting, bantuan modal usaha juga kami bisa alihkan ke usaha lain mislanya bikin warung kecil kecilan di rumah sebagai penopang sehari hari,” cerita Rustam Tomaidi, nelayan asal Desa Panambuang ini.

PT Karapoto Saat menyerahkan secara simbolis salah satu body motor kayu dengan mesin kepada nelayan atas nama Ahmad Saman yang berlangsung di pesisir pantai desa Amasing.

Hal senada juga disampaikan Ahmad Saman, nelayan berusia 49 tahun asal desa Saman ini menjalani profesi sebagai nelayan kurang lebih 11 tahun, selama ini Ahmad menggunakan katinting ukuran kecil untuk menghidupi Rosmini Wahid isteri bersama lima anaknya, selama melaut banyak suka duka yang dialami namun cerita bapak lima anak ini, keinginan besar untuk mengembangkan usaha namun terbatas di modal, persoalan ini yang sering kami hadapi.

“Saya sangat bersyukur dengan penyaluran modal usaha ini, awalnya saya hanya melaut dengan katinting ukuran kecil, setelah medapat modal usaha, saya bisa melaut dengan Body kayu lebih besar dengan mesin TS, mudah mudahan hasil tangkapan lebih besar dan bisa menambah penghasilan untuk saya dan keluarga,” tutur Ahmad.

Sebelumnya, PT Karapoto Teknologi Finansial Bekerjasama dengan pihak Kesultanan Bacan telah mendata dan survey kepada 20 nelayan Bacan dan telah di bina oleh pendamping dari tim PT Karapoto sejak Januari kemarin.

“Mereka para nelayan setelah didata dan masuk pada nelayan binaan, kami kemudian melakukan pendekatan dengan memberikan edukasi dan pemahaman tentang Teknologi Finansial, bagaimana sistim dan proses registrasi pada pendanaan berbasis teknologi hingga manfaat yang diberikan jika menggunakan fasilitas pendanaan gotong royong berbasis teknologi yang dikenalkan oleh PT Karapoto,” terang Fitri Puspita Hapsari Doa.

Setelah mendapat Pembinaan dari tim pendamping PT Karaopoto sejak januari hingga pertengahan Februari, tepat pada 20 Februari lalu, Penyaluran modal usaha dari PT Karapoto kemudian diberikan kepada kurang lebih 20 nelayan bersamaan dengan penyerahan modal usaha ke petani di kabupaten Konawe dan Bombana Sulaweai Tenggara.

“Nah dalam prosesnya setelah mereka menerima modal usaha, kemudian mereka para nelayan ini memenuhi kebutuhan usaha dengan membuat katinting dan viber motor laut berbagai ukuran, dan pada Sabtu (24/3/2018) penyerahan secara simbolis kapal dan katinting dilakukan manajemen PT Karapoto bersama nelayan. harapan kami selepas menerima modal usaha dan kendaraan laut ini, mereka para nelayan lebih bersemangat untuk melaut, kami tidak hanya memberikan bantuan modal usaha, tetapi kami PT Karapoto juga akan terus memberikan pendampingan kepada nelayan agar mereka merasa benar benar dibantu dari segi pendanaan dan juga pembinaan usaha serta manfaat peningkatan usaha setiap nelayan,” tegas Fitri Puspita Hapsari Doa.(**)

Komentar Facebook
Baca Juga  Pemkab dan DPRD Halut Keluarkan Pernyataan Sikap Soal Enam Desa

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.