Satpol PP Halut Awasi Program Tax Vaganza

TOBELO,HR— – Sebanyak 70 anggota dari Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kabupaten Halmahera Utara diterjunkan ke lapangan untuk mengawasi para pelaku usaha khususnya di rumah makan maupun restoran. Langkah ini dilakukan untuk mendukung program tax vaganza (undian berhadiah) Pemkab Halut dalam menggenjot kesadaran masyarakat dalam membayar pajak.
Kasatpol-PP Halut, Fredrik N. Sahetapy mengatakan, pihaknya  sudah melakukan pengawasan terhadap para pelaku usaha kurang lebih seminggu setelah program sadar pajak di louncing oleh bupati Halmahera Utara, Frans Manery.
“Setelah program ini dilouncing oleh bupati, kami kemudian melakukan pengawasan,” kata Kasatpol-PP Halut, Fredrik N. Sahetapy di kantor bupati, Senin (12/03/2018).
Menurutnya, untuk mendorong berjalannya program tersebut maka anggota Satpol-PP sudah ditempatkan ke titik-titik yang telah ditentukan untuk mengawasi pelaku usaha baik rumah makan maupun restoran.
“Pengawasan pajak sudah jalan dan  70 orang anggota diturunkan langsung ke lapangan dan dibagi shift penjagaan ada yang melakukan  pengawasan dari jam 11.00 – 14.00 wit dan jam 19.30 -12.00 wit,” jelasnya
Shift yang dibagi, lanjut Kasatpol, sesuai dengan pantauan dimana kesibukan warga untuk makan di jam-jam yang telah ditetapkan.
Dikatakannya, dalam mengevaluasi hasil pengawasan dan jika ditemukan ada rumah makan atau restoran yang tidak melayani masyarakat dengan memberikan bill yang telah disiapkan maka akan ada sangsi.
“Kami akan terus melakukan pendekatan untuk merubah pola yang dilakukan pelaku usaha. Jadi setiap membeli makanan harus diberikan bill,”jelasnya.
Dia menambahkan, jika pemilik rumah makan atau restoran tidak mengindahkan maka akan diberikan teguran secara bertahap hingga 3 kali.
“Jika kemudian tidak ditindaklanjuti maka akan diberikan ketegasan dan rumah makan maupun restoran tersebut akan ditutup,”tegasnya. (mn)
Komentar Facebook
Baca Juga  Wanita Tanpa Busana Ditemukan Tewas di Kebun Warga

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.