Hasil Tes Urine Puluhan PNS Disperkim Malut Negatif Narkoba

TERNATE,HR-Puluhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim) Provinsi Maluku Utara menjalani tes urine yang digelar Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Malut.

Kegiatan yang berlangsung di Lantai VI Hotel Muara Kelurahan Gamalama Kota Ternate sebagai tindak lanjut surat edaran Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Dalam surat edaran Kemenpan RB itu, salah satu poinnya menginstruksikan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara untuk mengkuti proses tes urine. Sehingga, setiap lembaga atau badan yang menaunginya harus mendukung dan memfasilitasi kegiatan tes urine tersebut.

“Tes urine yang kami lakukan ini berkat kerja sama dengan Disperkim Malut,”kata Kabid Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Malut, Hairuddin Umaternate kepada Halmahera Raya.Info, Selasa (13/3/2018).

Kabid Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Malut, Hairuddin Umaternate, mengatakan kegiatan ini harus menjadi contoh bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemprov Malut.

“OPD dilingkup Pemprov  Malut harus mengikuti jejak Disperkim Malut melakukan tes narkoba,”pinta Haeruddin.
Menurutnya, Provinsi Malut merupakan daerah perairan yang luas dan berbahaya terjadinya peredaran gelap narkoba.”Salah satu bentuk pencegahan, kami berharap para ASN bisa menjadi relawan anti narkoba di lingkungan kerja masing-masing,”pintanya.

Dikatakannya, dampak dari penyalahgunaan narkoba sangat berbahaya bagi manusia. Narkoba dapat merusak kesehatan manusia baik secara fisik, emosi, maupun perilaku pemakainya.”Sinergitas antara BNN dengan semua pihak dapat mewujudkan Malut bersih narkoba,”ujarnya.
Dia menambahkan, untuk hasil puluhan ASN Disperkim semua negatif narkoba. “Bukti resmi belum dikeluarkan karena harus ada tanda tangan resmi dari kepala BNNP, tapi saya tersyum karena semua ASN Disperkim berdasarkan hasil pemeriksaan hasilnya negatif narkoba,”ungkapnya.

Terpisah, kepala Disperkim Malut, Santrani MAS Abusama mengaku, proses untuk tes urine sudah sejak lama terlintas dalam benak sebagai Pimpinan OPD. Bahkan ini juga salah satu visi dan misi Gubernur Malut, agar ASN dilingkup Pemprov wajib bebas narkoba.
“Allamdulliah hari ini terbukti, bahwa PNS Disperkim Malut tidak terbukti menggunakan narkoba,”ungkap Santrani.
Santrani berharap bagi ASN yang belum sempat mengikuti tes urine karena sakit dan sebagainya, masih ada kesempatan untuk melakukan tea urine dengan mendatangi langsung kantor BNPP Malut di Keluraha  Kalumata Kota Ternate.”Ini sebagai wujud pemberantasan narkoba di Malut,”tandasnya.(asfa/adv)

Baca Juga  Satgas Gagalkan 12 Galon Cap Tikus ke Sidangoli
Komentar Facebook

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.