BKKBN Berharap Program KB Tingkatkan Kualitas Masyarakat

TERNATE,HR–Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) mengharapkan program Keluarga Berencana (KB) dapat meningkatkan kualitas masyarakat Maluku Utara (Malut), terutama keberhasilan dalam mengelola kehidupan yang lebih sejahtera.

Deputi Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi BKKBN Pusat, DR Dwi Listyawardani di Ternate, Selasa, mengatakan peningkatan kualitas remaja melalui pelembagaan dan pembudayaan Program Generasi Berencana (Genre)melalui peningkatan peran serta sekolah atau kampus tempat dimana remaja beraktifitasserta dukungan keluarga dan masyarakat.

Sehingga, dengan adanya pemanfaatan data kependudukan berbasis keluarga perlu di optimalkan sebagai data basis dalam penggarapan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga. Untuk itu penyediaan dan pemanfaatan data keluarga, hasil-hasil survei dan penelitian perlu dioptimalkan.

Dia mengaratakan, sebagai tindak lanjut proses pengalihan status PKB/PLKB maka perlu adanya percepatan penataan pengelolaan penyuluh KB dalam rangka untuk meningkatkan profesionalitas penyuluh KB dalam mengelola dan melaksanakan program KKBPK serta penguatan kerja lini lapangan. Sehingga, apresiasi terhadap kerja keras seluruh pengelola dan petugas KKBPK atas capaian TFR secara nasional yang mengalami penurunan dari 2,6 (SDKI 2012) ke 2,4 (SDKI 2017).

Namun begitu BKKBN masih perlu melakukan segmentasi sasaran penggarapan program KKBPK meskipunsecaranasional TFR turundan tetap menjaga keberlangsungan kesertaan ber-KB yang semakin berkualitas.

Dia menambahkan, dengan adanya penguatan program pengasuhan orang tua dalam upaya menanggulangi gizi buruk dan pembudayaan hidup sehat dan sejahtera dengan meningkatkan sinergitas antara Perwakilan BKKBN Provinsi denganOPD Dinas Pengendalian Penduduk dan KBserta sektor terkait.

“Meningkatnya jumlah alokasi untuk DAK Fisik dan DAK Non Fisik (BOKB) Tahun 2018, perlu adanya koordinasi secara intensif antara Perwakilan BKKBN Provinsi dengan OPD Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, agar pemanfaatan anggaran DAK ini dapat disinergikan dan dioptimalkan dalam mendukung pelaksanaan Program KKBPK,” katanya.

Sementara itu, Rakerda yang berlangsung selama tiga hari ini dilanjutkan dengan MoU antara BKKBN dengan BPKP, Pemprov Malut, Kemenag, Dinas Pendidikan Malut dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate.(asfa)

Komentar Facebook
Baca Juga  Sulit Terkejar, Haji Bur Ucapkan Selamat Atas Kemenangan AHM-Rivai

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.