IPM Buruk, Sri Mulyani Perintahkan Pemkab Pulau Taliabu Jangan Bangun Kantor Bupati

TERNATE,HR–Pemerintah kabupaten (Pemkab) Pulau Taliabu diperintahkan untuk tidak membangun kantor bupati dan kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Pasalnya, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sangat buruk atau paling kecil dibandingkan dengan kabuoaten/kota se-provinsi Maluku Utara.

“Pertumbuhan dan peningkatan daerah, sangat bergantung dengan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM),”ujar Menteri Keuangan (MenKeu) RI, Sri Mulyani Indrawati, pada saat rapat koordinasi kepala daerah se-provinsi Maluku Utara di Grand Dafam Ternate, Kamis (8/3/2018).
Dikatakan, anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Pulau Taliabu yang sangat kecil diharuskan untuk membangun kualitas SDM, bukan untuk fokus membangun kantor bupati, meskipun dengan alasan daerah itu kabupaten baru.

“Kalau masih mengejar ketertinggala daerah karena hanya bangun kantor bupati atau kantor DPRD, maka akan semakin tertinggal dari kabupaten yang lain, perbaiki Puskesmas, perbaiki Sekolah Dasar (SD), perbaiki madrasah atau apa yang anda lakukan menurut SD, SMP dan SMA ini menjadi sangat penting,”imbuhnya.
Sebab, kata Sri Mulyani, perkembangan daerah dapat dilihat dari kualitas sumber daya manusianya, Pulau Taliabu sangat berbeda jauh dengan kota Ternate yang berada diatas 70 persen. Atau diatas nasional 77,8 persen.

“Karena untuk Taliabu, tingkat kemiskinanya juga masih relatif dibandingkan kabupaten yang lain, 4,85 daerah lainya, dan untuk apa yang disebut lama sekolah itu 15,06 adalah kota Ternate dibandingkan kabupaten Taliabu yang rangking10,”ungkapnya.
Dijelaskan Pulau Taliabu, berbagai indikator lainya, seperti persalinan, memperbaiki kesehatan itu perlu diperhatikan dalam rangka memperbaiki kualitas masyarakat.

“Air minum dan sanitasi itu berkaitan erat dengan kualitas masyarakat, jadi tolong masalah ini diperbaiki untuk kabupaten yang masih tertinggal,”pintanya.(asfa)

 

Komentar Facebook
Baca Juga  Anggaran Kerjasama Media di KPUD Morotai Minta Dilidik

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.