Tanpa Pemberitahuan ke Panwaslu, Kampanye AGK-YA di Kepsul Tidak Masalah

SANANA,HR-Meski tanpa surat pemberitahuan ke Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Kepulauan Sula, terkait kampanye yang dilakukan oleh Pasangan Calon (Paslon) Wakil Gubernur Maluku Utara M. Al Yasin Al (YA) di Kabupaten Kepulauan Sula tidak masalah.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Bawaslu tidak ada masalah, yang penting ada pemberitahuan dalam bentuk Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) ke pihak Polres Kepulauan Sula,”ungkap Ketua Panwaslu Kepsul Iwan Duwila kepada wartawan, Kamis (8/3/2018).

Iwan mengaku, kampanye AGK-YA di Kepsul baru diketahui melalui Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yang terdiri dari Panwaslu, Polres dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Sanana..”Kami sudah menghubungi LO Tim Kampanye AGK-YA secepatnya memasukan pemberitahuan ke Panwaslu.

Iwan mengingatkan kepada semua paslon dalam Pilgub Malut 2018 yang melakukan kampanye dialogis, tatap muka, dan kampanye bentuk-bentuk lain harus memiliki STTP.

Jika saat melakukan kampanye tidak ada STTP yang dikeluarkan oleh kepolisian, maka Panwaslu Kepsul akan menghentikan segala bentuk kampanye tersebut, dengan melakukan koordinasi bersama kepolisian.“Kita akan hentikan kegiatan kampanye jika tidak ada STTPnya,” jelas Iwan.

Iwan menambahkan, STTP ini sudah diatur di Peraturan KPU (PKPU) Nomor 4 tahun 2017 tentang Kampanye di pasal 9 ayat 3 huruf b. “Di situ disebutkan, tim kampanye menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada aparat kepolisian tentang kampanye,” tuturnya.

Artinya, kampanye yang tidak dilengkapi STTP telah melanggar PKPU dan Panwaslu akan berkoordinasi serta merekomendasikan kepada kepolisian untuk menghentikan kegiatan tersebut.

Sejauh ini, Panwaslu sudah memberi imbauan ke semua tim kampanye untuk tidak mengabaikan tentang STTP. Tanpa STTP kampanye yang dilakukan berarti liar. “Dengan pemberitahuan kepada kepolisian sebenarnya juga membantu mengamankan jalannya kampanye yang dilakukan paslon,” ujarnya.

Iwan mengatakan, semua tim kampanye sudah diberikan pemahaman tentang surat pemberitahuan ini dan semua sudah menyanggupi, di pihak kepolisianpun sudah menyatakan tidak akan mempersulit penerbitan izin STTP. “Kita lihat saja siapa yang patuh dan tidak patuh terhadap aturan ini,” tandasnya..(sb)

Komentar Facebook
Baca Juga  Juara Copa del Rey, Musim Barca "Terselamatkan"

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.