Terlibat Politik Praktis, Dua Kades Diperiksa Panwaslu Pultab

TALIABU,HR-Panwaslu Kabupaten Pulau Taliabu melakukan pemeriksaan terhadap dua Kepala Desa (Kades), yakni Kades Woyo berinisial AMT dan Kades Jorjoga berinisial LH. Keduanya diduga terlibat politik praktis mengkapanyekan kandidat Calon Gubernur Maluku Utara melalui Media Sosial (Medsos).
Ketua Devisi Pengawasan dan Penindakan Panwaslu, Kabupaten Pulau Taliabu Aksa Puko, mengaku selama dua hari melakukan pemeriksaan terhadap dua kades dengan inisial AMT dan LH. Keduanya diperiksa dengan kasus yang berbeda. AMT diperiksa karena terlibat aktif mengkampanyekan salah satu paslon. Sedangkan LH mengkapanyekan salah satu kandidat di media sosial. 

“Keduanya diperiksa karena keterlibatan mereke dalam mengkampanyekan kandidat Gubernur, AMT diduga terlibat secara aktif berpolitik praktis dengan salah satu kandidat di desa Kawalo dan LH mengkapanyekan salah salah satu kandidat di media sosial,”ungkap Aksa kepada Halmahera Raya.Info, Kamis (01/02/2018).

Sementara Ketua Panwaslu Taliabu Sementara, Adidas La Tea, juga  membenarkan adanya pemeriksaan kedua kades dengan inisial AMT dan LH.

Dikatakan, LH diperiksa karena menulis status di media sosial. Sedangkan AMT terlibat secara langsung menghadiri kampanye salah satu kandidat di Desa Kawalo, sekaligus mendokumentasikan dirinya bersama salah satu pasangan calon.”Dari dua temuan tersebut kurang lebih satu dua minggu hasil pemeriksaan sudah bisa diketahui,”ungkapnya.
Ditambahkannya, sangksi bagi kedua kades ini, akan diserahkan ke pemerintah daerah untuk melakukan penindakan, karena Panwaslu sendiri tidak memeliki kewenangan itu.”Jadi masalah ini kita kembalikan ke bupati, karena ini wilayahanya pemerintah daerah,”ujarnya. 

Dia berharap, kepada semua ASN, PTT pusat maupun daerah, dan kepala desa serta perangkat desa untuk tidak terlibat secara aktif dalam politik praktis.
“Kepada pemda agar bisa memberikan informasi sedetail mungkin, karena mempunyai jaringan terstruktur untuk memberikan informasi mulai dari di tingkat kecamata hingga desa,”harapnya.(yanto)

Komentar Facebook
Baca Juga  Jelang HUT Kabupaten Pultab, Panitia Pelaksana Gelar Rapat Persiapan

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.