Polres Morotai Akan Melayani Pembuatan SIM

MOROTAI,Halmahera Raya.Info— Kabar gembira bagi masyarakat Morotai khususnya para pengguna kendaraan roda empat maupun dua. Sebab, saat ini Polres Morotai bagian unit Lalulitas sudah memiliki mesin untuk mencetak pembuatan Surat Ijin Mengemudi (SIM). Dengan demikian, masyarakat Morotai tidak lagi harus berurusan dengan Polres Halmahera Utara (Halut) terkait pembuatan SIM tersebut.”Saat ini, mesin pembuat SIM sudah ada di Morotai,”ungkap Kasat Lantas Polres Morotai AKP Daniel Marabunga kepada Halmahera Raya.Info, Kamis (11/01/2018).
Menurutnya, mesin pembuatan SIM itu diberikan oleh Mabes Polri ke Polres Morotai. Hal ini dilakukan mengingat Polres Morotai sudah definitif juga kebutuhan masyarakat untuk pembuatan SIM sangat tinggi.”Pihak Mabes Polri yang kasih, kalau sudah jadi artinya untuk pengurusan SIM sudah tidak lagi ke Halut,”katanya.
Meskipun mesin pembuatan SIM sudah ada di Morotai tapi, untuk saat ini belum bisa dioperasikan lantaran gedung untuk penempatan mesin juga masih dalam proses pembangunan.”Gedungnya masih dibangun, jadi kalau sudah jadi baru dioperasikan,”ungkap Kasat.
Sebelumnya, beberapa kali diberitakan terkait keluhan masyarakat akan permasalahan pembuatan SIM. Pasalnya, selama bertahun tahun, masyarakat Morotai harus mengeluarkan anggaran yang cukup besar hanya untuk membuat SIM, sebab, pembuatan SIM selalu dilakukan di Polres Halut.”Harus mengeluarkan uang yang besar kalau ingin membuat sim, karena mulai dari tiket sped pulang pergi Tobelo Morotai, makan minum, biaya inap maupun biaya pembuatan SIM, ini cukup besar dan sangat menyusahkan masyarakat,”keluh Mohtar Sibua salah satu masyarakat Morotai dan juga pengguna kendaraan roda dua.
Ia mengungkapkan, hampir separuh penduduk Morotai khususnya pengguna kendaraan roda empat maupun dua tidak memiliki SIM. Hal ini karena, masalah biaya maupun keribetan saat pembuatan SIM di Halut.”Kalau operasi tilang, banyak yang dapat tangkap, karena alasan mereka sederhana, biar sudah dapat tangkap dari pada pergi ke Halut urus SIM, makanya mereka berharap agar Polres Morotai segera membuka pelayanan pembuatan SIM karena itu jalan satu satunya,”tandasnya. (hk)
Komentar Facebook
Baca Juga  Kapolres Mengaku Baru Menerima Laporan Dugaan Pemalsuan Tanda Tangan Anggota DPRD Morotai

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.