Kodim Tobelo dan Distan Halut Panen Jagung

TOBELO,Halmahera Raya.Info-Komando Distrik Militer (Kodim) 1508/Tobelo bersama Dinas Pertanian Kabupaten Halmahera Utara  melaksanakan kegiatan panen jagung pada lahan ketahanan pangan Kodim 1508/Tobelo, di Desa Wari kecamatan Tobelo, Kamis (11/01/2018).
Kegiatan ini merupakan wujud nyata kepedulian Kodim 1508/Tobelo terhadap lingkungan dalam aplikasi lapangan dari serbuan teritorial,
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Halmahera Utara,Valentino E Leiwakabessy menyampaikan pada tahun 2017 sesuai dengan pendataan yang dilakukan dilapangan belum sampai target 100 persen.”Diharapkan adanya bantuan dari pemerintah daerah semua kegiatan petani bisa tercapai lebih baik,” kata Kadis Pertanian Halmahera Utara, Valentino Leiwakabessy.
Menurutnya, ada 31 penyuluh yang telah di angkat pemerintah untuk membantu para petani melakukan kegiatan penanaman sehingga penanaman benih jagung bisa mencapai target dan kualitas lebih baik. “Terima kasih atas kerja sama dari pihak Kodim 1508/Tobelo yang telah membantu mengelola tanaman jagung sehingga saat ini kita bisa melakukan kegiatan panen raya jagung,”ujarnya.
Sementara Dandim 1508/Tobelo, Letkol Arh Herwin Budi Saputra mengatakan Tupoksi TNI khususnya satuan kewilayahan adalah membantu pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk ikut menjaga kedaulatan dan ketahanan baik dalam segala bidang Ipleksosbud Hankam diantaranya adalah ketahanan pangan guna dijadikan Dukungan Logistik wilayah dalam keadaan apapun di NKRI.
Sedangkan Kadis Pertanian Provinsi Maluku Utara. Idaham Umasangaji menjelaskan pemerintah RI sekarang sudah berhenti melakukan inpor jagung dan beras dari Negara tetangga. “Tahun 2018 akan dilaksanakan penanaman jagung seluas 25 hektar dilengkapi dengan perlengkapan yang di siapkan,” ujarnya.
Menurutnya, di kabupaten Halmahera Utara ini masih banyak lahan yang kosong dan subur karena itu dia sangat mendukung para petani untuk melakukan aktifitasnya.”Untuk para penyuluh saya harap kalian tidak perlu takut karena kami dari provinsi sudah menyiapkan bibit tanaman serta benih dan alat-alat peraga untuk mempermudah para petani dalam melakukan aktifitas,”katanya.
Kegiatan panen jagung ini dihadiri oleh Kadis Pertanian Provinsi Malut, Idaham Umasangaji, Dandim 1508/Tobelo Letkol Arh Herwin Budi Saputra, Danramil 1508-01/Tobelo Mayor Inf Hajid Mahmudi, Kadis Pertanian Kabupaten. Halut. Ir. Valentino E Leiwakabessy, Kabid peternakan. Anwar Husen, Kabid PSP Abjan Doa, Kabid BUN. Ahmad Tamari, Kabid Penyuluhan Ir. Nursani Kompoeni, Kepala Balai. Nurjan Ali dan para Staf, para kelompok Petani Binaan Kodim 1508/Tbl. (mn)
Komentar Facebook
Baca Juga  Jajaki Pasar Kerajinan Gerabah, BUMDes Maregam Tikep Kunjungi Halbar

Leave a Comment