Sudah Beristri, Kades Cendana Masih Nekat Bawa Kabur Anak Orang

MOROTAI,Halmahera Raya.Info—-Seorang pemimpin seharusnya bisa memberikan pengayoman dan contoh yang baik terhadap masyarakat. Namun hal ini nampaknya tidak berlaku bagi Kepala Desa (Kades) Cendana, Kecamatan Morotai Jaya (Morja), Roby T Rawan. Bagaimana tidak, Kades yang diketahui telah memiliki istri itu nekat membawa lari anak gadis orang yang diketahui bernama Lusia Bona tanpa sepengetahuan kedua orang tuanya.
Enam bulan lamanya Lusia yang berasal dari Kabupaten Halmahera Utara (Halut) dibawa kabur oleh sang Kades, dengan dalih bakal dibelikan mobil dan rumah asalkan pelariannya tidak diberitahukan kedua orang tuanya.
Karena merasa tertipu, Kades tidak kunjung membeli mobil dan rumah yang dijanjikan, Lusia kemudian kembali ke Halut dan melaporkan ke kedua orang tuanya dan langsung ke Desa Cendana melaporkan perihal dimaksud ke Camat Morja, dan aparat setempat untuk diselesaikan, sayangnya kades kembali tidak menepati janjinya.
Mei Tenang adik dari Ayah sang Kades mengungkapkan, merasa gerah dengan ulah Kades. Karena sebagai keluarga dirinya merasa malu dengan masyarakat yang ada di kampung dengan ulah sang kades tersebut.”Masalah ini sudah diselesaikan dihadapan Camat Morja dan Danpos Satgas, dan waktu itu Kades mengakui kesalahannya dan berjanji bakal segera memberikan uang senilai Rp 25 juta ke orang tua Lusia yang didendakan karena didalam hukum adat setempat membawa anak gadis orang akan didenda dengan uang yang nilainya seperti disebut. Tapi sudah sekitar satu bulan kades tidak kunjung memberikan uang yang dijanjikan itu ke keluarga Lusia, sebagai keluarga kami sangat malu,”ungkapnya kepada koran ini, Minggu (7/1).
Persoalan yang terjadi, kata Mei telah dilaporkan langsung ke Bupati, Benny Laos, dan Bupati berjanji dalam waktu dekat bakal mengambil tindakan untuk menganggantikannya, sayangnya janji itu tinggal janji, karena pergantian tersebut tidak kunjung dilakukan. “Dengan adanya kasus ini Kades tidak lagi fokus dengan kerjanya, karena sudah tidak lagi berada di Desa, sehingga roda pemerintahan desa tidak jalan, kami hanya berharap bupati segera mengambil langkah, agar masyarakat setempat tidak menjadi korban dalam permasalahan yang terjadi, “harapnya.
Sementara Kades Cendana, Roby T Rawan belum berhasil dikonfirmasi karena nomor handponenya diluar jangkauan.(hk).
Komentar Facebook
Baca Juga  Managemen PT NHM Ungsikan Pekerja WNA

Leave a Comment