Pernyataan Ketua Apdesi Halut Ditanggapi Sinis

JAILOLO,Halmahera Raya.Info-Menyusul pernyataan Ketua Apdesi Halmahera Utara (Halut) Fahri Yamin, terkait dengan pernyataan Wakil Bupati Halbar Ahmad Zakir Mando, bahwa akan ada desa di Kecamatan Malifut yang akan bergabung dengan Kabupaten Halbar, ditanggapi sinis oleh Ketua Apdesi Halbar Rustam Fabanyo.

Rustam Fabanyo, memberikan apresiasi ternyata  Apdesi Halut telah dibentuk dan mulai eksis. Namun, perlu disadari bahwa keinginan desa atau masyarakat desa yang mau bergabung dengan desa manapun, kecamatan manapun atau pun kabupaten manapun, itu adalah hak privasi yang harus dihargai dan tidak perlu kemudian menggiring opini terkait regulasi.

”Apdesi Halut tidak terlalu paham tentang asbabun nujul regulasi tersebut,”ujar Ketua Apdesi Halbar Rustam Fabanyo, kepada wartawan, Kamis (7/12/2017).

Menurutnya, setiap praturan perundang-undangan manapun terlahir justru karena sebuah keharusan guna berakeadilan bisa diratakan dan disejajarkan dan i tidak terjadi pada ketentuan yang mengatur tentang 6 desa.

“Untuk itu kami sarankan kepada ketua Apdesi Halut haruslah objektif dalam melihat permasalahan, jangan karena sebuah semangat yang berlebihan membuat anda sendiri terjebak dengan pernyataan sendiri. Apa disampaikan Wakil Bupati Halbar sangat rasional, berdasarkan keinginan sebagian masyarakat dan itu dijamin oleh ketentuan,”kata Rustam.

Dia menambahkan, pernyataan yang disampaikan oleh Wabup Halbar Ahmad Zakir Mando, harus diberikan apresiasi karena apa yang disampaikan sebagai negarawan yang dilihat adalah keinginan masyarakat, bukan kepentinga orang-orang tertentu. Pihaknya, merasa justru Pemda Halut terlalu berlebihan dalam menafsirkan situasi yang ada dan menganggap Pemda Halbar sengaja membangun opini liar. “Intinya kami sarankan kepada Ketua Apdesi Halut, mari kita rapat barisan dan memperjuangkan hak-hak Pemerintah Desa di Malut, yang banyak belum terealisasi sesuai amanat pasal 72 Undang-Undang No 6 tahun 2014. Karena ini adalah marwah dan tujuan sebenarnya Apdesi dibentuk, sehingga kita tidak terjebak dengan hal-hal di luar marwah Apdesi,”pungkasnya.(fz)

Komentar Facebook
Baca Juga  Kantor SPTI Dibangun Dalam Pelabuhan Tanpa Izin Syahbandar

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.