KPU Haltim Non Aktifkan Sementara 5 Anggota PPK

MABA,Halmahera Raya.Info –Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) resmi memberhentikan sementara lima Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) karena diduga terlibat dalam kepengurusan partai politik di Haltim.

Keputusan ini berdasarkan Keputusan KPU Haltim Nomor : 04/KPTS/KPU-Haltim/021.436333/2017 tentang pemberhentian sementara lima Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara tahun 2018.

Ketua KPU Haltim Asbur Somadayo menjelaskan, lima anggota PPK itu diantaranya, Saleh Sanun dan Sulfi NH Bugis anggota PPK Wasile Timur, Tuty Wahyati serta Aslinda Waek. 

“Keempat ini terindikasi sebagai Pengurus DPC PKB Kabupaten Haltim berdasarkan data dan informasi dari masyarakat,” kata Asbur, Selasa (14/11/2017).

Sambungnya, sedangkan satu nama anggota PPK Wasile Selatan, Sadam Sarafuddin terindikasi sebagai anggota Partai Golkar Kabupaten Halmahera Timur, dengan Nomor Kartu Tanda Anggota 8206040779810035 berdasarkan data keanggotaan Partai. 

“Jadi sudara Sadam ini terindikasi pada saat KPU melakukan verifikasi faktual keanggotaan parpol,” kata Asbur.

Tindak lanjut atas putusan kata Asbur, pihaknya telah menyurat kepada pimpinan PKB dan Golkar Haltim untuk menghadiri rapat yang akan dilaksanakan Kamis mendatang guna meminta klarifikasi keanggotaan partai dari lima anggota PPK tersebut.

Asbur pun menegaskan, apabila dalam klarifikasi tersebut membenarkan ke lima anggota PPK ini masuk dalan anggota partai dan terbukti, maka KPU akan mengambil langkah pemecatan permanen. 

“KPU tidak akan segan-segan, jika terbukti maka lima orang ini akan saya pecat sesuai aturan,” tegas Asbur mengakhiri.(azk)

Komentar Facebook
Baca Juga  Bahas Sentra Gakkumdu, Panwaslu Haltim Silaturahmi Kejari Soa Sio

Leave a Comment