LML Malut Bersama Mitra Cegah Launching Hasil Program Sektor Kesehatan

JAILOLO,Halmahera Raya.Info–Lembaga Mitra Lingkungan (LML) Maluku Utara bersama Mitra Cegah lainnya di Maluku Utara, melaksanakan launching hasil program Pemantauan dan Advokasi untuk meningkatkan pelayanan publik pada sektor kesehatan, Kabupaten Halmahera Barat Provinsi Maluku Utara.

Acara launching program kesehatan juga dilakukan penyerahan Kertas Konsep Strategi Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal pada RSUD dan Puskesmas di Kabupaten Halmahera Barat diterima Wakil Bupati Ahmad Zakir Mando, S.Sos bertempat di Aula Bidadari Kantor Bupati, Rabu (18/10/2017).

Penanggung jawab program, Siti Barora mengatakan bahwa Kertas Konsep ini berisi analisis terhadap isu strategis terkait pelayanan kesehatan di RSUD dan Puskesmas berdasarkan standar pelayanan minimal sebagaimana diatur dalam PerMenKes No. 43 Tahun 2016 dan Kepmenkes No. 129 tahun 2008.

“Sejauh ini pelayanan kesehatan belum optimal yang dirasakan masyarakat dengan persentase kepuasan sebesar 60-70%, terkendala antara lain belum tersedia/belum dilakukannya pelayanan berdasarkan SPM serta instrumennya yakni Standar Pelayanan, Maklumat Pelayanan dan SOP, keterbatasan sarana prasarana, dan SDM Kesehatan,”ungkapnya.

Karena itu, LML Malut merekomendasikan langkah strategis jangka pendek maupun menengah yang dapat dilakukan oleh Pemerintah Daerah, DPRD, Penyedia layanan (RSUD Jailolo dan Puskesmas) serta Orgamisasi Masyarakat Sipil guna pencapaian pelayanan kesehatan yang bermutu dan prima.

“Kertas Konsep strategi kebijakan yang dilampirkan dengan Maklumat Pelayanan, format standar pelayan, format SOP dan Draft Rancangan Peraturan Daerah tentang Pelayanan Kesehatan Berbasis SPM di RSUD dan Puskesmas,”terang Siti Barora yang juga Dosen Fakultas Hukum Universitas Khairun Ternate.

Siti menambahkan, dalam acara tersebut juga dilakukan penandatanganan Maklumat Pelayanan oleh Direktur RSUD Jailolo, Kepala PKM Jailolo, Sidangoli, Akelamo, Susupu, Talaga, Ibu, Duono dan Kedi.  

Diketahui sebelumnya, LML Malut telah melakukan hearing Kertas Konsep dengan Komisi II DPRD Kabupaten Halmahera Barat Senin (9/10/2017) dan RSUD Jailolo serta Dinas Kesehatan Selasa (10/10/2017). Rancangan Peraturan Daerah tentang Pelayanan Kesehatan ini akan didorong untuk dimasukan sebagai inisiatif DPRD dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah Tahun 2018. Selain itu, untuk meningkatkan kapasitas masyarakat, akan dilaksanakan pelatihan jejaring pemantau pelayanan kesehatan di RSUD dan Puskesmas.(asfa/pn)

Komentar Facebook
Baca Juga  DPM-PD Gelar Rakor Se-Halbar

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.