Bawaslu Malut Warning KPU Terkait Iklan Kampanye di Media

TOBELO, HR— Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Maluku Utara (Malut) memberikan warning bagi KPU kabupaten/ kota di agar segera menyampaikan iklan kampanye peserta pemilu maupun caleg melalui media baik cetak maupun elektronik . 
Ketua Bawaslu Malut, Muksin Amrin mengatakan, regulasi sudah mengatur jadwal kampanye mulai dari 24 Maret – 13 April di media cetak maupun elektronik. Itu dilakukan sesuai jadwal kampanye yang ditetapkan KPU RI.   ” iklan kampanye melalui media cetak dan elektronik ada yang difasilitasi oleh KPU dan juga dilaksanakan oleh Parpol dan Caleg atau disebut mandiri,” jelas ketua Bawaslu Malut, Muksin Amrin, di Tobelo, kamis (28/03/2019)
Ia mengatakan sebenarnya KPU di kabupaten/Kota sudah harus menetapkan iklan kampanye yang disampaikan baik ke parpol maupun media. ” KPU provinsi telah memfasilitasi kampanye di media. Maka KPU di daerah sudah harus melakukan. Jika sampai sejauh tidak dilakukan ini maka secara etik KPU kabupaten/kota sudah melanggar,” terangnya.
Karena itu, ia menghimbau, KPU kabupaten/kota segera melakukan dan memanggil media dan dalam pemuatan iklan kampanye yang difasilitasi oleh KPU. “Kami juga mengingatkan agar KPU kabupaten/kota dan secara khusus KPU Halut jangan hanya terfokus satu media saja tetapi melibatkan semua media,” ujarnya.
Terpisah, Ketua KPU Halut, Muhlis Kharie menjelaskan KPU kabupaten/kota tidak memfasilitasi iklan kampanye, karena sudah difasiltasi oleh KPU RI untuk Presiden/Wapres dan Parpol, iklan kampanye untuk DPD oleh KPU Provinsi, “Kemarin Rakor bersama Parpol dan Bawaslu sudah disampaikan kaitan dengan SK KPU RI Nomor 581/2019, bahwa untuk KPU kabupaten/kota tidak ada fasilitasi iklan kampanye, namun jika partai berkeinginan untuk membuat iklan secara mandiri maka sudah diatur dalam ketentuan 1 parpol 1 halaman 1 hari untuk 1 koran,” jelasnya.
Karena itu, ia menyarankan kepada partai politik sebagai peserta pemilu yang ingin memasang iklan kampanye di media agar dapat menghubungi pihak media masa, ” tentunya dalam pemasangan iklan kampanye melalui media sesuai dengan aturan,” tandasnya. (mn)

Baca Juga  Pegawai Perpustakaan di Morotai Cabuli Tiga Siswa SMP
Komentar Facebook

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.