Jabatan PLT Sekertaris KPU Halut di Sorot

TOBELO, HR— Jabatan Pelaksana Tugas (Plt) Sekertaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Halmahera Utara yang dijabat Yusak Bubala disorot, pasalnya hampir tiga tahun ini, Yusak Bubala di tunjuk sebagai Plt Sekrtaris KPU Halut menggantikan Arsad Abdul Rasyid, padahal jabatan itu tidak boleh lebih dari enam bulan.
Hal ini sesuai Peraturan Menteri Aparatur Negara nomor 13 tahun 2014 tentang Tata Cara Pengisian Pimpinan Tinggi, baik itu Tama, Pratama, dan Madya.
“Bukan saya soroti, tapi sudah aturanya seperti itu. Berdasarkan aturan, Pelaksana tugas itu hanya enam bulan,” kata Sekum Pemuda Muhamadiyah Halut, Jumar Mafoloi, selasa (04/12/2018).
Menurutnya, dengan tidak adanya evaluasi masa kerja Plt ini, maka akan berdampak pada legalitas dari kewenangan Plt. Sehingga apapun yang dikeluarkan oleh Plt tersebut dinilai tidak berdasar.
“Apapun itu, semua keputusannya, bahkan tandatangan yang disematkan dalam surat pun tidak memiliki dasar,” jelasnya.
Ia menduga komisioner KPU Halmahera Utara melakukan pembiaran sehingga jabatan Plt Sekertaris KPU Halut, langgeng hingga kini, ” Komisioner KPU Halut, sudah seharusnya melakukan pleno untuk menetapkan sekertaris KPU yang definitif,” katanya.
Selain Komisoner KPU, tambah dia, Sekertaris KPU Maluku Utara juga sangat berperan mendiamkan jabatan Plt sekertaris KPU Halut, ” mungkin jabatan Plt sekertaris KPU terlama di Indonesia dan ini didiamkan oleh sekertaris KPU Malut,” tandasnya. (mn)

Komentar Facebook
Baca Juga  Disperindag Halut Gelar Operasi Pasar Murah

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.