Hari Kedua, Tes CPNS di Morotai Baru Tiga Peserta Lulus Seleksi

MOROTAI,HR—— Nasib ratusan peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Pulau Morotai ibarat menelan pil pahit. Pasalnya, pelaksaan seleksi mulai dari sesi pertama pada Selasa (06/11) kemarin hingga sesi kesepuluh hari kedua ini jumlah peserta 495 ini, ternyata baru tiga orang yang dinyatakan memenuhi pasing grade (lulus) seleksi kompetensi dasar (TKD).

Salah satu faktor tak lulusnya ratusan pelamar itu lantaran standar nilai yang diberikan oleh pemerintah pusat (Pempus) ternyata sangatlah tinggi. Sementara, soal yang diberikan dengan jam pelaksanaan seleksi tidak sesuai dengan yang diharapkan. Misalnya, peserta harus memenuhi passing grade. Yakni untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 143, Tes Intelegensia Umum (TIU) 80 dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 75.

Berdasarkan amatan koran ini, pelaksanaan tes CPNS yang bertempat di SMP I Morotai itu tidak hanya didatangi oleh peserta tes, melainkan para PNS, dan masyarakat dari berbagai profesi. Seleksi CPNS itu terlihat menegangkan lantaran setiap hasil yang dikerjakan langsung dilihat oleh masyarakat melalui layar yang sudah disiapkan oleh panitia.

Pada seleksi sesi pertama, hampir semua peserta hanya memenuhi satu tes saja yakni TKW.

Sementara TIU dan TKP tidak memenuhi standar. Hanya tiga orang yang memenuhi standar nilai yang diisyaratkan oleh pemerintah yakni peserta yang bernama Irmawati Tangka, yang juga sebagai Dokter Gigi yang bertugas di Puskesmas Sopi Kecamatan Morotai Jaya (Morja), Peserta tersebut mendapatkan nilai TWK 85, TIU 80 TKP 146.

Supriyono D III keperawatan, tempat tanggal lahir Cilacap 01 Desember 1988, tempat tugas RSUD Morotai, dengan Perolehan Nilai, TWK 95 TIU 95 TKP 153. Ade Tri Wahyuni SKm, tempat tanggal Paggar Alam 20 Mey 1994, Tugas Puskemas Spoi, TWK 90 TIU 90 TKP 145.

Masyarakat yang sementara menyaksikan perolehan hasil milik Irmawati Tangka termasuk peserta lain itu sangat penasaran sebab, hingga menit berakhir, nilai yang diharapkan itu dapat terealisasi.

Sementara, Irmawati Tangka, ketika ditemui koran ini di dalam Gedung SMP N 1 Morotai untuk diwawancarai terkait dengan strategi menjawab soal tes sehingga lulus, ia lantas mengatakan, yang pertama dirinya belajar banyak dan juga berdo’a tentunya, kemudian pada saat mengerhakan soal tersebut harus dalam keadaan tenang.

“Saat saya mengerjakan soal pertama itu soal TKP dulu dengan menghabiskan waktu sekitar 25 menit, setelah menyelesaikan soal TKP langaung saya beralih ke soal TWK dan TIU,”singkatnya.

Selain itu, ia juga mengaku, sebulan sebelum pelaksanaan tes itu di lakukan dirinya sudah mempersiapkan diri dengan cara belajar dengan menggunakan Buku Petunjuk Tes CPNS yang di jual,”tidak hanya itu, saya juga di beri masukan oleh teman-teman yang sudah ikut tes sebelumnya, bahwa jangan terlalu belajar yang susa-susa, belajar yang muda di pahami saja, dan pada saat mengerjakan di antara tiga soal itu yang saya merasa agak susa itu soal TKP, Karena itu bicara soal Kepribadian kita,”tuntasnya. (lud) 

Komentar Facebook
Baca Juga  Bupati Morotai Jadi Irup 17 Agustus

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.