Danny Missy : Sekda Halbar Syahril Abdurradjak Sebagai Agen Perubahan Pembangunan

Bimtek Sekaligus Pengukuhan Relawan Gema Pedas Resmi Dihelat

JAILOLO,HR—–Relawan Gema Pedas (Generasi Muda Peduli Dana Desa) Kabupaten Halmahera Barat resmi dikukuhkan oleh Bupati Danny Missy rabu (31/10) di aula Kantor Bupati. Yang di ikuti perwakilan Desa-Desa Se-Halbar.

Pembentukan relawan yang dirangkai dengan bimtek Gema Pedas ini merupakan bentuk manivestasi  karya nyata dari Sekda Halbar, Syahril Abduradjak, sebagai peserta Diklat (pendidikan dan latihan) Pim II yang sementara berlangsung di Kota Ambon, Maluku.

Bupati Danny dalam sambutannya yang dibacakan Asisten I Setda Halbar Vence Muluwere mengatakan. Keberhasilan pembangunan nasional maupun di daerah yang dicapai saat ini, maupun yang akan datang tidak terlepas dari peran birokrasi (birokrat) yang menjadi generator pada setiap agenda pembangunan.

“Hari ini kita semua hadir disini untuk sama-sama menyaksikan hasil dari diklat Pim tingkat II yang diikuti Sekda Halbar sebagai agen perubahan pembangunan,”kata Danny. 

Aparatur Sipil Negara (ASN) kata Danny, harusnya menjadi agen perubahan, yang diawali dari pola perencanaan prioritas. Agar seorang ASN mampu melaksanakan pelayananya dengan baik, paling tidak ada beberapa kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang ASN. Diantaranya, kompetensi/kemampuan akan skila manajerail, perilaku yang ramah dan sopan serta memiliki rasa empati sehingga masyarakat sebagai pengguna layanan merasa di perlakukan secara baik. 

“Untuk meningkatkan kemampuan tersebut solusinya harus melalui pendidikan formal dan kediklatan baik diklat teknis maupun diklat jabatan,”ungkapnya.

Sementara Sekda Syahril Abdurradjak usai pembukaan bimtek relawan gema pedas mengatakan, diklat Pim Tingkat ll yang di ikutinya saat ini menggunakan pola baru yang dari Lembaga Administrasi Negara RI dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Maluku.

“Setiap peserta didik yang disebut dengan reformer harus membuat pola perubahan yang bersifat inovatif dan nyata,”ungkapnya. 

Dia menambahkan, dibentuklah relawan gema pedas ini, fungsi mereka sebagai sosial kontrol sekaligus mitra kerja Pemerintah Desa dalam menggerakkan pembangunan di Desa.(MS)

Komentar Facebook
Baca Juga  Ratusan Pembalap Ikut Turnamen Drag Bike 2019

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.